Selasa, 15 April 2014

Kejujuran

Kejujuran menjadi sebuah hal yang akan sangat berharga...

jujur menjadi kata yang sering diucapkan maupun didengarkan oleh tiap orang.
semua orang menginginkan kejujuran orang lain ketika sedang berbicara kepadanya, tidak ada yang menginginkan bahwa orang yang berbicara kepada kita berkata bohong.


tapi apakah pada saat ini kejujuran tetap menjadi pilihan terbaik kita dalam berprilaku maupun berbicara?

saat ini banyak orang yang akan mengatakan kebohongan dengan prinsip untuk kebaikan, bukankah hal itu menjadi kamuflase bagi orang tersebut agar dia tidak dinilai jelek. menurutku sebuah kebohongan akan tetap sebuah kebohongan, dan tidak ada kebohongan yang baik dinilai untuk sebuah kebaikan. alasan tiap orang tidak mengatakan kejujuran dan memilih kebohongan tetap mengarah kepada kepentingan pribadi orang tersebut.


ya.. saat ini dapat dikatakan bahwa kejujuran menjadi sebuah harga yang sangat mahal, karena di dalam sebuah kejujuran menjadi tolak ukur seseorang untuk dinilai didalam sebuah komunitas.

kejujuran dapat memberi efek tersendiri kepada orang-orang yang meletakkan kejujuran di dalam hidupnya, bisa jadi dia akan dijauhi dan dinusuhin oleh sebuah kejujurannya, yang menilai bahwa hidup orang-orang jujura hanya berlaku untuk diri sendiri, dan akan memberatkan sebuah komunitas untuk mencapai sebuah kepentingan.


banyak yang berpendapat hidup jujur di zaman sekarang itu akan menelantarkan diri sendiri, karena di dalam kebohongan tiap orangpun, pasti ada pembelaan diri sendiri yang mengarahkan kepada pembenarannya untuk berkata dan berbuat demikian, sehingga menggeserkan nilai-nilai kejujuran itu sendiri.

pada dasarnya kejujuran itu murni, tanpa ada memilhak, tanpa ada alasan ataupun latar belakang berbuat demikian, karena kejujuran menjadi nilai mutlak yang di ajarkan dan ditanamkan nilai nilai agama kesetiap oarang. bergesernya nilai - nilai kejujuran itu sendiri di dasari oleh kepentingan pribadi dan juga komunitas. tiap orang dapat mengukur seberapa besar kadar kejujuran itu berperan penting di dalam hidupnya atau malah kejujuran itu menjadi sebuah antipati yang tidak dapat dikerjakan.


yang saya sadari saat ini :

"Apapun yang akan orang katakan kepadamu disaat kamu memilih jujur, ingatlah Tuhan selalu menghargai kejujuranmu, terlebih orang yang sekitarmu sebenarnya sangat mengagumimi karena kamu berani jujur, karena kamu berharga, kejujuran itu adalah kamu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar